Arabic Korean Japanese Chinese Simplified Russian Portuguese
English French German Spain Italian Dutch

Sunday, November 30, 2008

Teori Relativitas

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالْعَذَابِ وَلَنْ يُخْلِفَ اللَّهُ وَعْدَهُ وَإِنَّ يَوْمًا عِنْدَ رَبِّكَ كَأَلْفِ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ
Dan mereka meminta kepadamu agar azab itu disegerakan, Padahal Allah sekali-kali tidak akan menyalahi janji-Nya. Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu. (Al-Hajj: 47)

Yet they ask thee to hasten on the Punishment! But Allah will not fail in His Promise. Verily a Day in the sight of thy Lord is like a thousand years of your reckoning. (Al-Hajj: 47)

يُدَبِّرُ الأمْرَ مِنَ السَّمَاءِ إِلَى الأرْضِ ثُمَّ يَعْرُجُ إِلَيْهِ فِي يَوْمٍ كَانَ مِقْدَارُهُ أَلْفَ سَنَةٍ مِمَّا تَعُدُّونَ

Dia mengatur urusan dari langit ke bumi, kemudian (urusan) itu naik kepadanya dalam satu hari yang kadarnya adalah seribu tahun menurut perhitunganmu (As-Sajdah: 5)[1190]

[1190] Maksud urusan itu naik kepadanya ialah beritanya yang dibawa oleh malaikat. ayat ini suatu tamsil bagi kebesaran Allah dan keagunganNya.

He rules (all) affairs from the heavens to the earth: in the end will (all affairs) go up to Him, on a Day, the space whereof will be (as) a thousand years of your reckoning. (As-Sajdah: 5)

 Pada bagian ayat tersebut dikatakan “Sesungguhnya sehari disisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu”. Hal inilah apa yang dikatakan sebagai teori relativitas!, tepatnya relativitas waktu. Teori relativitas waktu menjelaskan suatu peristiwa mulurnya waktu yang diamati oleh seorang pengamat yang bergerak terhadap kejadian.

Ilmuwan Fisika terkemuka Albert Einstein dalam teorinya berkata: “Titik terdekat dari pusat bumi akan berjalan lebih lambat. Sedangkan titik terjauh dari pusat bumi akan berjalan lebih cepat. Karena pada watu yang sama, lingkaran/lintasan yang dijalani titik terdekat lebih pendek dibanding yang dijalani oleh titik yang terjauh.”

Beberapa eksperimen telah dilakukan untuk membuktikan hal ini, diantaranya:
1. Pada tahun 1971 J.C. Hafele R.E Keating membawa jam atom yang memiliki ketilitian sangat tinggi mengelilingi dunia dalam pesawat jet. Mengingat pesawat jet memiliki kelajuan jauh lebih kecil dibanding c (kecepatan cahaya), efek pemuluran waktu sangat kecil sehingga tidak terlihat. Namun jam atom memiliki ketelitian kira-kira ± 10-9 s, sehingga efek pemuluran waktu dapat terlihat dan dapat diukur. Jam atom ini berada dalam angkasa selama 45 jam, dan selang waktu yang diukurnya dibandingkan dengan jam atom standar yang berada di bumi, hasilnya menunjukkan adanya perbedaan selang waktu antaar jam atom dalam pesawat jet dan jam atom di bumi, perbedaan waktu ini sesuai dengan adanya perkiraan relativitas waktu.
2. Pada tahun 1976 Ilmuwan Universitas Mirelland, Amerika Serikat, berkeyakinan kebenaran teori yang diungkapkan Einstein. Dalam penelitiannnya mereka menggunakan jam atomic di atas bumi dan di atas pesawat yang terbang 10000 meter diatas permukaan bumi. Mereka menemukan jam yang ada di pesawat lebih cepat daripada jam yang terdapat di permukaan bumi.
Akhirnya mereka berkesimpulan bahwa Astronot Apollo bertambah umurnya lebih banyak pada saat mereka diatas bulan dibanding jika merreka berada di bumi.

Sungguh hebat, berita ini telah ada lebih dari 14 abad silam. Sekali lagi ini membuktikan AlQuran sebagai kitab suci dimana zaman mengikuti jalan cerita yang tertulis di dalamnya, bukan sebaliknya! Sehingga terasa seolah-olah AlQuran baru turun saat ini.

Related Posts



0 comments:

Komentar Terkini

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Copyright 2008 Home Eka-Pino | Contact All Rights Reserved